5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Kopi Setiap Hari

gambar wanita sedang minum kopi

Image : www.hdwallpaperup.com

 

Minum kopi merupakan ritual wajib yang rutin dilakukan oleh para pecandu kopi. Apa lagi di waktu pagi saat baru bangun tidur dan cuaca masih dingin rasanya sulit untuk tidak minum kopi. Menjamurnya kedai-kedai kopi juga semakin memanjakan para penikmat kopi. Sehingga minum kopi bukan sekedar kebiasaan saja, lebih dari itu minum kopi sekarang sudah menjadi trend dan life style.

Bahkan orang-orang yang dulu menganggap remeh kopi juga ikut-ikutan menjadi penikmat kopi. Entah itu mengikuti trend saja atau memang benar-benar menyukai kopi. Selain itu dulu yang kita tahu hanya kopi hitam dan kopi susu saja sekarang kita tahu ternyata ada banyak varian minuman kopi.

Bukan hanya varian minumannya saja, wawasan tentang jenis-jenis kopi dan karakteristiknya pun mulai dieksplorasi oleh para penikmat kopi. Ini dikarenakan peran para pakar dan penggiat kopi yang terus menerus mensosialisasikan pemahaman tentang kopi.

Tapi, tahukah kamu dibalik kenikmatan kopi yang melegenda itu terdapat banyak manfaat lain yang belum banyak diketahui. Ulasan berikut ini dijamin akan membuatmu semakin cinta dengan kopi. Langsung saja kita bahas satu per satu 5 alasan mengapa kamu harus minum kopi setiap hari.

 

1- Minum Kopi Sebagai Salah Satu Sumber Anti Oksidan

Gambar Kopi dengan Kandungan Antioksidan

 

Aktifitas sehari – hari membuat kita tidak pernah terlepas dari zat radikal bebas. Polusi udara yang semakin tingggi dan konsumsi makanan-makanan yang mengandung bahan kimia merupakan salah satu sumber radikal bebas. Selain itu tubuh kita juga menghasilkan radikal bebas akibat proses pencernaan dan pembentukan gula menjadi energi.

Radikal bebas diyakini sebagai salah satu penyebab penyakit kanker dan pembuluh darah. Untuk menangkal radikal bebas tubuh memerlukan asupan anti oksidan secara teratur. Anti oksidan banyak terkandung pada buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Dan kabar baiknya ternyata anti oksidan juga banyak terkandung pada biji kopi. Minum kopi 2 sampai 3 cangkir dipercaya mampu mencukupi kebutuhan anti oksidan yang diperlukan tubuh kita. Namun perlu diperhatikan juga pemakaian gula dan krim susu. Pemakaian gula dan krim secara berlebihan justru akan mengurangi manfaat dari kopi itu sendiri.

 

2- Minum Kopi Secara Teratur Mampu Mengurangi Resiko Kematian

Gambar - Kopi Mampu Mengurangi Resiko Kematian

Image : cdn.cnn.com

 

Walaupun masing-masing orang punya jatah umurnya sendiri-sendiri, tidak ada salah nya juga kan kita berupaya memperpanjang umur kita dengan pola hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan meminum kopi secara teratur dan tidak berlebihan. Memperkecil resiko kematian yang di maksud di sini adalah yang disebabkan oleh berbagai penyakit.

Menurut penilitian di University of Southampton minum kopi tiga hingga empat cangkir perhari dapat membantu megurangi resiko terkena penyakit hati, diabetes, kanker prostat, kanker kulit serta hati. Minum kopi secara tidak berlebihan ternyata juga mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Dalam penelitian tersebut yang menjadi pengecualian adalah wanita hamil dan orang – orang yang rentan terhadap patah tulang.

Penelitian tersebut hanya difokuskan terhadap objek kopi saja, tidak menyertakan gula, susu atau penambahan bahan lain. Untuk itu disarankan bagi para pecinta kopi untuk mengurangi gula maupun pemanis lainnya agar tidak berakibat meningkatnya kadar gula darah.

Riset yang dikumpulkan dari 200 penelitian tersebut menyebutkan manfaat paling manjur dari minum kopi adalah penurunan resiko terkena penyakit liver. Sehingga peneliti merencanakan tes klinis terhadap kopi sebagai pengobatan penyakit sirosis.

 

3- Minum Kopi Secara Rutin Mampu Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otak

Gambar - Kopi Baik Untuk Kesehatan Otak

Image : naij-ask.gencdn.com

 

Semakin lanjut usia seseorang kinerja otaknya semakin menurun, terutama dalam hal ingatan. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah Alzheimer penyebab seseorang menjadi pikun. Dan ternyata minum kopi secara rutin juga mampu mencegah seseorang dari penyakit Alzheimer.

Para periset dari University of South Florida dan University of Miami, meneliti orang-orang berusia 65 tahun ke atas yang rutin mengonsumsi kafein. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat kafein dalam darah lebih tinggi mengalami penundaan terkena Alzheimer dua hingga empat tahun dibandingkan yang memiliki tingkat kafein lebih rendah.

Dr Chuanhai Cao, seorang ahli saraf di USF mengatakan, ” Kami tidak mengatakan bahwa konsumsi kopi moderat akan sepenuhnya terhindar dari penyakit Alzheimer. Namun kami yakin konsumsi kopi moderat dapat mengurangi resiko Alzheimer dan menunda gejala awalnya”.

 

4- Minum Kopi Mampu Mengurangi Sress dan Depresi

Gambar - Kopi Mengurangi Stress & Depresi

Image : homehealthyhabits.com

 

Beberapa penelitian mengaitkan antara rutinitas minum kopi dengan menurunnya tingkat kasus bunuh diri akibat stress atau depresi.

Sebuah Studi oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa minum kopi dua hingga empat cangkir dapat mengurangi resiko bunuh diri pada pria maupun wanita sekitar 50 %. Alasannya adalah karena kopi bertindak sebagai obat anti-depresan ringan dengan membantu produksi neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin.

Kopi berperan sebagai obat anti-stres karena pelepasan dopamin dan serotonin yang “memicu” suasana hati menjadi baik (good mood). Satu cangkir kopi atau hanya mencium aromanya saja bisa menenangkan saraf. Selain itu kafein merupakan stimulator paling umum pada sistem saraf pusat, dan stimulan secara konstan inilah yang membuat depresi berkurang.

Menariknya hanya kafein dalam kopi yang memiliki efek seperti ini, berlawanan dengan kafein pada teh, soda maupun coklat yang tidak merangsang sistem saraf pusat secara efektif.

 

5- Minum Kopi Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam buku The Coffee Lover’s Diet, penulis sekaligus konsulatan kesehatan Bob Arnot menjelaskan bagaimana kopi bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Di samping itu minum kopi juga bisa mengurangi efek buruk makanan berlemak, sekaligus membantu membakar lebih banyak kalori.

Arnot menjelaskan, efek pertama minum kopi secara teratur adalah peningkatan metabolisme. Orang yang minum kopi akan membakar 100 kalori lebih banyak dibandingkan yang tidak minum kopi.

Kedua, apa bila kita minum kopi sebelum berolah raga atau beraktivitas tubuh kita akan membakar asam lemak bebas lebih banyak.

Selain itu, Arnot mengklaim kopi bukan hanya membantu membakar lemak, kopi juga membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan laju metabolisme.

Oleh karena itu, bagi mereka yang sedang berdiet, menurutnya baik bila kopi diminum setelah makan, sebelum mandi atau sebelum berolah raga. Dengan syarat kopi yang diminum adalah kopi hitam tanpa gula dalam keadaan panas.

Kopi yang diminum setelah menyantap makanan yang berlemak, mampu menurunkan penyerapan lemak dan gula oleh tubuh.

 

Pesan Moral :

“COFFEE IS ONE OF THE BEST THING FROM GOD”. 

Namun sebaik-baik minuman apapun itu adalah yang sedang-sedang saja bukan…?. Dari semua penelitian yang membahas manfaat kopi, tetap menganjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Layaknya makanan atau minuman sehat lainnya, masih ada batasan-batasan yang perlu diperhatikan.

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa minum kopi 3 sampai 4 cangkir per hari, tentu tidak akan bermasalah jika tetap melanjutkan kebiasaan tersebut. Namun bagi orang-orang yang memang tidak tahan dengan kopi, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengkonsumsinya hanya karena alasan kesahatan.

So Coffee Lovers, Keep Drinking It and Love It !

 

 

Dilansir dari haffingtonpost.com, kompas.com dan beberapa sumber lainnya

 

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan