7 Tempat Ngopi di Jogja Paling Recommended Untuk Pecinta Kopi

7 tempat ngopi di jogja paling recommended

 

Jogja dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit turis lokal maupun mancanegara. Suasana kota jogja yang ramah dan hangat memang memberi kesan tersendiri di hati para traveler. Sebagai penikmat kopi tentu kurang lengkap jika bepergian ke suatu tempat tanpa berkunjung ke coffee shop/kedai kopi bukan?.

Nah di kota jogja ini terdapat ribuan tempat ngopi mulai dari warung kopi angkringan di pinggir jalan, kedai kopi berkonsep tradisional, maupun kedai kopi modern. Setiap kedai kopi tentu memiliki keunikannya masing-masing, entah itu dari cita rasa kopinya, tempatnya yang nyaman, atau makanan pendampingnya yang bermacam-macam.

Namun jika kamu pecinta kopi premium maupun specialty, berikut ini kami rekomendasikan 7 tempat ngopi di Jogja yang layak kamu kunjungi.

 

 

1. Epic Coffee

Coffee shop yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan mahasiswa maupun pecinta kopi di Jogja. Coffee shop yang sudah ada sejak 2013 ini memang menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak muda di Jogja. Selain tempatnya yang luas, nyaman dan instagramable, di sini tersedia berbagai macam minuman kopi mulai dari espresso based, coffee blended dan berbagai macam variasi minuman kopi.

epic coffee jogja

image : @happybee_me

 

Di sini kamu juga bisa memasan kopi single origin yang di seduh secara manual seperti kopi gayo, kopi malabar dan kopi dari simalungun. Selain itu di sini juga menjual biji kopi kemasan dari beberapa daerah di Indonesia dan negara lain yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Tertarik mencobanya ? langsung aja datang ke Epic Coffee Jalan Palagan Tentara No. 29 Sleman, Yogyakarta.

2. Blanco Coffee & Books

Di kedai kopi ini selain kamu bisa ngopi kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku-buku yang di sediakan. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar tapi cukup nyaman dan ada spot-spot buat selfy, asik juga buat kumpul-kumpul bareng teman.

blanco-coffee-jogja

image : @blancoyk

 

Untuk kualitas kopinya boleh diadu karena mereka menggunakan pure arabica coffee bean. Salah satu menu spesial di sini adalah The Hamingway, yaitu triple shots espresso dengan susu. Aromanya yang wangi dan rasanya yang sedikit earthy pasti bikin kamu nagih dan pengen balik ke sini lagi.  Kedai kopi ini terletak di Jalan Kranggan No.30 tidak jauh dari Tugu Jogja.

3. Hayati Specialty Coffee

Coffee shop yang terletak di Jalan Demangan Baru No. 7 ini masih tergolong baru, namun soal rasa kopi dan konsep tempatnya tidak kalah dengan coffee shop yang sudah ada lebih dulu. Interiornya yang didominasi warna putih chrome memberi kesan clean dan cozy. Ada area smoking di ruang belakang dengan hiasan tanaman-tanaman yang bikin suasana ngopimu jadi lebih relax.

hayati-specialty-coffee-jogja

image : @acidcuitcud

 

Nama “Hayati” diambil dari bahasa arab yang berarti “Kehidupan”menurut sang ownernya di dalam minuman kopi itu terdapat kehidupan. Seperti halnya minuman kopi di coffee shop ini yang bikin harimu menjadi lebih hidup. Di coffee shop ini tersedia minuman kopi pada umumnya, selain itu kamu juga bisa memesan singgle origin yang diseduh dengan manual brewing. Tapi jika kamu ingin menikmati sensasi kopi yang berbeda kamu bisa memesan signature coffee yang menjadi ciri khas di coffee shop ini.

 

4. Klinik Kopi

Di sini kecintaanmu terhadap kopi akan benar-benar diuji, bagaimana tidak, untuk mendapatkan secangkir kopi kamu harus mengantri cukup lama karena panjangnya antrian. Selain itu di sini tidak ada minuman kopi ala-ala barat seperti espresso, latte atau cappucino. Ya, kamu hanya akan disuguhi minuman kopi manual brewing dari biji kopi Arabica Singgle Origin.

klinik-kopi-jogja

image : @mithmithaaa

 

Namun pengorbananmu itu akan terbayar ketika kamu menyeruput kopi dari racikan sang barista yang akrab disapa Mas Pepeng, yang sekaligus owner klinik kopi itu sendiri. Di sini kamu juga bisa bertanya-tanya seputar dunia kopi, mulai dari mana biji kopi itu berasal dan bagaimana proses meracik minuman kopi yang benar. Kedai kopi yang berada di Jalan Kaliurang KM 7.8 ini semakin populer karena menjadi salah satu tempat syuting film AADC2. So, kalau kamu traveling ke Jogja gak ada salahnya mampir ke kedai kopi ini, siapa tahu ketemu Dian Sastro hehe 🙂

5. Awor Gallery & Coffee

Buat kamu pecinta kopi yang juga punya hobi fotografi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bareng temen-temen komunitasmu. Karena di sini selain kamu bisa menikmati minuman kopi nya, kamu juga akan disuguhi pemandangan seni fotografi yang inspiratif. Tak seperti kebanyakan coffee shop pada umumnya yang buka sore hari, coffee shop ini buka lebih awal mulai jam 9 pagi sampai jam 12 malam. Cocok buat pecandu kopi yang lagi sakau di pagi hari hehe 🙂

awor gallery and coffee jogja

image : @setia_adi_dj

 

 

Selain kopinya yang mantap, harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau loh untuk sekelas coffee shop. Karena itu banyak kalangan mahasiswa yang datang ke Awor Coffee hanya untuk sekedar nongki maupun ngerjain tugas. Di tambah wifinya yang lumayan kenceng bikin kamu betah berlama-lama di coffee shop ini. Penasaran ingin ke sini ? Kamu bisa cari tempatnya di Jalan C Simanjutak Ruko Yap Square 11B Yogyakarta.

6. Ruang Seduh Jogja

Coffee shop ini merupakan cabang dari Ruang Seduh Jakarta yang sudah lebih dulu terkenal di daerah Kemang. Di sini kamu bisa membuat kopi senderi sesuali selaramu, dan kamu juga bisa sekaligus bertanya-tanya cara membuat kopi yang nikmat. Para barista tidak segan-segan mengajarimu cara meracik kopi dan memberimu informasi seputar dunia kopi. Buat kamu yang baru mendalami dunia perkopian, coffee shop ini sangat recommended untuk kamu kunjungi.

ruang seduh jogja

image : @ruangseduh

 

Coffee shop yang terletak di Jalan Tirtodipuran No. 46 Kota Yogyakarta ini berkonsep minimalis modern dengan interior serba putih. Saat pertama kali masuk, kesan pertama yang akan kamu rasakan adalah suasana yang tenang dan nyaman. Namun jika pada saat ramai pengunjung kamu tidak bisa berlama-lama di sini karena memang keterbatasan ruang yang minimalis.

7. Coffee No. 27

Di coffee shop yang terletak di Jalan Pringgodani No. 14 Yogyakarta ini kamu akan disuguhi nuansa bangunan yang homy. Suasananya yang tenang dan serasa di dalam rumah menjadikan coffee shop ini salah satu tempat favorit bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Selain itu karena berdekatan dengan restoran, kamu juga bisa memesan berbagai menu makanan dari restoran yang berada di belakang coffee shop ini.

no 27 coffee jogja

image : @no27coffee

 

Untuk kualitas kopinya tidak diragukan lagi, mereka menyediakan beberapa menu varian kopi dari biji kopi singgle origin lokal maupun dari negara lain. Selain menu varian kopi pada umumnya, mereka juga mempunyai signature coffee yang menjadi menu khas di coffee shop ini. Yaitu Kopi Gayo cold drip yang memiliki aroma dan rasa alami buah lychee yang mereka namai “Galyco”. Walaupun pada saat penyajian ditambahkan buah lychee di atasnya, tapi rasa dan aroma lychee itu memang bawaan alami dari biji kopinya.

 

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan