9 Jenis Kopi Terbaik Nusantara Yang Mendunia

Jenis-jenis Kopi Nusantara Yang Mendunia

Image Source : depositphotos.com

 

Berbicara tentang keanekaragaman yang ada di Indonesia memang tidak akan ada habisnya, mulai dari budaya, bahasa, makanan, bahkan minuman kopinya pun memiliki cita rasa berbeda – beda. Sebagai contoh, jenis kopi arabica yang ditanam di suatu daerah akan memiliki cita rasa berbeda jika ditanam di tempat lain. Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis daerah tersebut, sehingga memunculkan keanekaragaman kopi di Indonesia yang begitu banyak macamnya.

Namun ada beberapa jenis kopi yang sudah sangat populer dikalangan pecinta kopi lokal maupun internasional. Berikut ini adalah 9 jenis kopi terbaik nusantara yang kepopulerannya sudah mendunia.

 

 

1. Kopi Malabar atau Java Preanger

kopi malabar atau java preanger

Image Source : cikopi.com

 

Malabar adalah nama gunung yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di sinilah pertama kalinya Kolonial Belanda berhasil mengembangkan tanaman kopi yang pada akhirnya menyebar ke seluruh nusantara. Pada saat itu biji kopi dari Malabar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Java Preanger sudah sangat populer di benua Eropa. Saking populernya di Eropa, orang-orang Eropa menyebutnya a cup of java yang berarti “secangkir kopi jawa” tanpa menggunakan kata “coffee“.

Bahkan di era modern seperti sekarang ini pun pulau jawa masih diidentikkan dengan minuman kopi oleh orang-orang barat. Salah satu contohnya adalah bahasa pemrograman web yang dinamai “Java Script” oleh penciptanya karena terinspirasi dari minuman kopi yang sering diminumnya.

Kopi Malabar merupakan jenis kopi arabica yang memiliki tingkat kekentalan dan keasaman medium ke atas, rasa dominan coklat disertai rasa rempah. Selain itu proses pasca panennya yang rapi dan terstruktur menjadikannya salah satu kopi terbaik.

2. Kopi Gayo

Kopi Gayo

Image Source : steemit.com

 

Kopi yang berasal dari pulau Sumatera dikenal memiliki rasa yang lebih kuat (strong) dibandingkan dengan daerah lain. Salah satunya adalah Kopi Gayo yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh. Kopi Gayo merupakan jenis kopi arabica yang sudah sangat terkenal di Eropa dan Amerika. Hal ini berkat keberhasilannya memperoleh predikat sebagai kopi terbaik di ajang kompetisi internasional.

Selain itu Kopi Gayo juga telah mendapatkan sertifikat “Fair Trade Certified” dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tahun 2010 lalu. Kopi Gayo juga ditasbihkan sebagai salah satu kopi mahal pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Amerika Serikat.

Kopi Arabica dari Tanah Gayo ini telah dikenal dunia karena memiliki cita rasa khas. Dengan ciri utamanya pada aroma dan perisa yang komplek serta kekentalannya yang kuat. Bahkan jika di cupping atau di test rasanya di daerah asalnya sendiri, Gayo hampir memiliki semua rasa kopi yang ada di seluruh dunia. Jadi, jika kamu ingin menikmati berbagai rasa kopi yang ada di seluruh dunia, kamu tidak perlu keliling dunia, cukup datang saja ke Tanah Gayo hehe :).

3. Kopi Wamena

Kopi Wamena

Image Source : papuanews.org

 

Kopi yang berasal dari Wamena, Papua ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan kopi dari daerah lain. Kopi yang terkenal dari Wamena adalah kopi jenis arabica yang ditanam di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) di pedalaman Papua. Dengan kondisi hutan yang masih lebat dan tanah yang kaya akan kandungan unsur hara memungkinkan kopi di daerah ini tumbuh baik secara organik tanpa pupuk kimia.

Kopi Wamena memiliki karakteristik aroma yang harum, after taste yang manis, namun tidak terlalu asam. Bahkan para penggiat kopi menyamakannya dengan biji kopi Jamaica Blue Mountain, yaitu biji kopi premium yang berasal dari daerah Blue Mountain di Jamaica. Sejak tahun 2000 Kopi Wamena sudah di impor ke berbagai negara, seperti Amerika, Singapura, Jepang dan Australia.

4. Kopi Luwak

Kopi Luwak

Image Source : hatacafe.com

 

Untuk jenis kopi yang satu ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi. Kopi yang pernah menyandang predikat sebagai kopi termahal di dunia ini sempat menggegerkan penikmat kopi dunia karena harganya yang fantastis. Bagaimana tidak, untuk setengah kilo gram nya saja dihargai US$ 160 atau sekitar 2 juta rupiah. Namun saat ini Kopi Luwak menduduki peringkat ke dua kopi termahal setelah digeser oleh Kopi Hacienda La Esmeralda dari Panama.

Sebenarnya biji Kopi Luwak sama dengan biji kopi pada umumnya, yaitu dari jenis arabica maupun robusta. Yang membedakan adalah pada proses fermentasinya. Jika pada umumnya biji kopi difermentasi dengan cara disimpan, sedangkan Kopi Luwak proses fermentasinya di dalam perut binatang luwak itu sendiri. Selain itu, Luwak hanya akan memilih biji kopi yang benar-benar matang dan berkualitas saja untuk dimakan. Hal ini lah alasan kopi luwak lebih spesial dibandingkan kopi lain.

 

5. Kopi Toraja

Kopi Toraja Yang Mendunia

Image Source : bukalapak.com

 

Kopi Toraja juga sudah banyak di ekspor sejak penjajahan Belanda dan Jepang. Di Jepang terdapat ribuan kedai kopi yang menyajikan Kopi Toraja ini. Hal ini tidak mengherankan, karena sekitar 40 % kopi yang beredar di Jepang adalah Kopi Toraja. Bahkan nama “Toraja” sudah dipatenkan menjadi merek dagang oleh perusahaan di Jepang.

Kopi Toraja yang sedang naik daun adalah Kopi Toraja Sapan, yaitu sebuah daerah kecil di lereng gunung Sesean yang memiliki ketinggian tempat sekitar 1.400-2.100 mdpl. Letak geografis yang sangat ideal untuk tanaman kopi arabica. Rasa yang identik dari kopi ini adalah coklat, tembakau atau caramel dengan tingkat keasaman dan kekentalan medium.

6. Kopi Kintamani

Kopi Bali Kintamani

Image Source : thejakartapost.com

 

Kopi Kintamani yang bersal dari daerah di Bali ini juga memiliki keunikan rasa tersendiri. Rasa khas yang terdapat pada Kopi Kintamani yaitu rasanya seperti buah-buahan (fruity). Hal ini dikarenakan Kopi Kintamani ditanam bersama sayur-sayuran dan buah jeruk secara tumpang sari. Kintamani, sebuah daerah yang terletak di ketinggian 900-1.500 mdpl, berhawa sejuk dengan sistem pengairan yang masih tradisional. Selain itu kondisi alam yang masih terjaga membuat tanaman kopi disana tumbuh subur secara organik.

Keunikan Kopi Kintamani itulah yang membuatnya mampu bersaing dengan kopi-kopi lain di mancanegara. Sehingga pada tahun 2008 pemerintah mematenkan nama Kopi Kintamani sebagai produk lokal Indonesia.

7. Kopi Lintong

Kopi Lintong

Image Source : cintacoffee.com

 

Salah satu jenis Kopi Sumatera yang terkenal adalah Kopi Lintong yang berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Kopi Arabica Lintong yang di tanam di wilayah sekitar Danau Toba ini memiliki citarasa yang istimewa. Karakteristik pada jenis kopi ini adalah full body (kental), notes herbal, acidity rendah dan kadang memiliki sweetness seperti dark chocolate.

Diyakini kualitas Kopi Lintong yang sangat baik dipengaruhi oleh kondisi yang berkaitan dengan letusan Gunung Toba sekitar 73.000 tahun lalu. Selain itu letak geografis yang berada di ketinggian sekitar 1.000-1.600 mdpl juga ikut berpengaruh. Saat ini Kopi Lintong sudah didaftarkan ke Direktorat Merek Ditjen Kekayaan Intelektual sebagai upaya perlindungan Indikasi Geografis atas Kopi Arabica Sumatera Lintong. Sehingga nama Kopi Lintong menjadi hak eksklusif masarakat setempat dan tidak boleh dijadikan merek dagang oleh pihak lain.

Hal ini diperlukan karena sebelumnya nama “Gayo” dan “Toraja” sudah dipatenkan oleh perusahaan asing menjadi merek dagang. Sehingga para petani kopi Indonesia tidak bisa mengekspor dengan merek Gayo maupun Toraja.

8. Kopi Sidikalang

Kopi dari Sidikalang yang mendunia

Image Source : cintacoffee.com

 

Satu lagi kopi andalan Sumatera Utara yang mendunia adalah Kopi Sidikalang. Berjarak kurang lebih 100 KM dari Lintong Nihuta tempat Kopi Lintong berada, dan masih di sekitaran Kawasan Bukit Barisan. Dengan kondisi alam yang hampir sama, Kopi Sidikalang memiliki ciri khas yang hampir sama pula. Yaitu full body (kental), notes herbal, Acidity rendah, namun lebih pahit. Kopi Sidikalang masuk ke dalam jajaran kopi terbaik dunia dan banyak yang menyamakannya dengan kopi berkualitas Brazil.

9. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa yang mendunia

Image Source : topindonesiaholidays.com

 

Kopi Bajawa berasal dari Pulau Flores, lebih tepatnya di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah yang diapit dua gunung berapi ini memang dikenal memiliki tanah yang subur. Tanah vulkanik yang kaya akan kandungan andosols dari muntahan gunung berapi ini sangat berpengaruh terhadap kualitas Kopi Bajawa. Ketinggian tempat dan suhu udara yang sejuk juga berdampak baik terhadap pertumbuhan tanaman kopi ini.

Kopi yang di tanam secara organik ini dikenal memiliki cita rasa madu dan aroma wangi yang kuat. Tidak mengherankan jika Kopi Bajawa pernah menjuarai kontes yang di gelar oleh Association of Indonesian Coffee Exporters and Industries pada tahun 2009. Kopi Bajawa juga sudah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis dari Departemen Hukum dan HAM. Saat ini Kopi Bajawa telah dipasarkan ke berbagai negara seperti Amerika, Jerman, Inggris, Belanda, Australa dan Filipina.

 

Catatan : Jenis-jenis kopi di atas hanyalah sebagaian kecil dari sekian banyak jenis kopi nusantara. Masih banyak jenis kopi lain yang tidak kalah nikmat dan juga sudah go international. Namun jika disebutkan semuanya, kamu pasti capek bacanya :). Ke sembilan jenis kopi di atas mewakili kopi dari tiap-tiap pulau di Indonesia yang namanya paling populer.

 

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan