Tebak Kepribadian Pasanganmu Berdasarkan Kopi Favoritnya

menebak kepribadian pasangan berdasarkan kopi favoritnyaMengenal kepribadian seseorang memang memperlukan waktu yang tidak sebentar, apalagi kalau kamu baru mengenalnya. Bahkan seorang psikiater pun belum tentu akurat dalam menilai kepribadian seseorang ketika baru mengenalnya. Di dalam kehidupan rumah tangga pun perlu beberapa tahun untuk benar -benar mengerti kepribadian pasangan hidup.

Namun kamu sah sah saja menilai seseorang dari tampak luarnya asalkan kamu tidak berprasangka buruk dulu sebelum penilaianmu itu benar -benar terbukti. Seperti menilai seseorang dari cara bicaranya, penampilannya sehari – sehari atau mungkin hanya dari minuman favoritnya hehe…

Seperti tulisan berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber berdasarkan penelitian Dr. Ramani Durvasula yang menganalisis 1.000 orang pecinta kopi di Inggris, dan tulisan oleh Derec Mercer penulis di traitify sebuah perusahaan yang menggabungkan penelitian berbasis data dan psikologi untuk pengembangan bisnis. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa pecinta kopi hitam memiliki kepribadian yang berbeda dengan pecinta kopi latte maupun cappuccino. Berikut ini penjelasan selengkapnya :

 

 

1. Pecinta Kopi Hitam

Pecinta kopi hitam biasanya orang – orang yang menyukai hal – hal yang original ( kemurnian), kurang suka dengan perubahan dan kadang meremehkan. Namun sisi baiknya mereka sangat bersungguh – sungguh dan tekun dalam mencapai suatu tujuan serta memilih cara hidup yang sederhana. Selain itu mereka tidak suka omong kosong, kalau ngomong langsung pada intinya tanpa basa – basi.

pecinta kopi hitam

Terkadang mereka juga bisa menjadi sosok yang pendiam dan ngambekan juga lo…karena mood yang berubah – ubah. Jika kamu mempunyai pasangan seperti ini mungkin kamu perlu sedikit bersabar, tapi kamu tetap beruntung karena dia adalah sosok pekerja keras yang akan memperjuangkan masa depanmu.

2. Pecinta Kopi Latte Atau Kopi Susu

Sesuai dengan kopi  favoritnya kopi latte, yaitu kopi hitam pekat ( espresso ) yang dicampur dengan susu untuk mengurangi rasa pahitnya, pecinta kopi ini cenderung menyukai kenyamanan. Mereka juga lebih menyenangkan karena suka menolong orang lain dan bahkan rela berkorban untuk membantu sesama. Orang – orang seperti ini biasanya mempunyai banyak teman karena mudah bergaul.

pecinta kopi latte

Namun sisi negatifnya terkadang mereka sering lupa memperhatikan dirinya sendiri dan memiliki kecenderungan neurotic, yaitu mudah panic atau timbul rasa cemas secara tiba – tiba. Jika tipe pasanganmu seperti ini kamu perlu lebih memperhatikan dirinya, mungkin saja dia terlalu fokus menolong orang lain hingga tidak memikirkan masalah nya sendiri.

3. Pecinta Kopi Espresso

Sebagian dari kamu pasti sudah tau perbedaan rasa pada kopi espresso dengan kopi hitam biasa yang di jual di kedai – kedai kopi pada umumnya kan. Ya, walaupun sama – sama kopi hitam namun takaran kopi espresso jauh lebih kental dengan takaran air yang lebih sedikit, yang diseduh dengan proses ekstrasi menggunakan mesin sehingga rasanya sangat pahit.

pecinta kopi espresso

Pecinta kopi espresso memiliki sifat hampir sama dengan kopi hitam biasa, seseorang yang menyukai kesederhanaan, pekerja keras dan tidak suka omong kosong. Namun pecinta espresso memiliki ketekunan yang lebih, sesuai dengan kopi favoritnya yang kental dan pahit. Mungkin saja mereka sudah terbiasa dengan pahitnya kehidupan ya sehingga tidak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan :).

Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan asal jepang De’longhi yang menyebutkan bahwa pecinta espresso tergolong paling sukses dalam karir dan percintaan dibanding penyuka kopi jenis lain. Dalam buku The You Code, Judi James dan James Moore juga menyebutkan pecinta espresso cenderung moody, tahan banting dan pekerja keras. Mereka senang memimpin dan membuat target cepat. Hal inilah yang membuat pecinta espresso lebih sukses dibanding pecinta kopi jenis lain.

Jika kamu memiliki pasangan seperti ini, selamat anda beruntung! 🙂

 

4. Pecinta Kopi Cappuccino

Sekilas memang tampak sama antara tampilan kopi cappuccino dan latte, namun sebetulnya ada perbedaan mendasar dari rasa maupun proses peracikan kopi cappuccino dan latte. Hal ini lah yang kadang membingungkan sebagian penikmat kopi ketika memesan di kedai kopi.

pecinta cappuccino

Pecinta kopi cappuccino tergolong perfeksionis dan paling banyak menuntut. Dr. Durvasula menumukan bahwa mereka obsesif dan ingin memegang kendali, terlalu sensitif dan sadar akan kesehatan.

Mungkin kamu perlu sering mengalah jika karakter pasanganmu seperti ini, bisa jadi dibalik sifat perfeksionisnya akan menuntunmu ke arah masa depan yang lebih baik.

5. Pecinta Kopi Tanpa Kafein ( Kopi Decaf )

Mungkin sebagian dari kamu masih bingung, apa ada kopi tanpa kafein ?. Ya, memang semua jenis biji kopi mengandung kafein, namun kandungan kafein tersebut bisa dihilangkan pada saat proses produksinya. Kopi jenis ini disebut kopi decaf ( decafeinate coffee ).

Pecinta kopi tanpa kafein sangat perduli dengan kesehatannya, mereka cenderung selektif dalam memilih makanan atau minuman. Mereka hanya memilih makanan – mekanan yang menyehatkan saja. Mereka juga fokus pada peraturan dan terkadang sangat sensitif. Bisa dibilang pecinta kopi jenis ini kurang berani mengambil resiko. Kalau kamu punya pasangan seperti ini mungkin agak merepotkan ya hehe. Tapi tidak masalah, toh dia sangat perduli dengan kesehatan, itu berarti dia akan memperhatikan kesehatanmu juga kan.

6. Pecinta Kopi Frappuccino

Bisa dibilang pecinta kopi frappuccino ini yang paling kekinian. Suka menonjolkan diri di media sosial, mengikuti trend fashion ter update, bahkan sebelum trend itu populer. Mereka terlihat stylish di kehidupan sehari – hari, suka berpindah – pindah tempat hanya untuk sekedar foto selfie agar bisa tetap eksis di medi sosial. Jiwa petualang ada pada pecinta kopi frappuccino, menyukai hal – hal yang baru dan bertindak spontanitas.

pecinta frappuccino

Bahkan mereka jarang terlihat di kedai kopi karena sifatnya yang aktif tersebut. Walaupun mereka terlihat cekatan dan gesit, sayangnya mereka sering bertindak ceroboh tanpa berfikir panjang.

Mungkin akan mengasikkan jika mempunyai pasangan seperti ini, namun sifat ceroboh dan spontanitasnya bisa jadi akan menimbulkan masalah baru. So, kamu perlu sering – sering mengingatkanya untuk tetap berhati – hati dalam bertindak.

7. Pecinta Kopi Instant

Mungkin kamu sudah bisa sedikit menebak kepribadian pecinta kopi instant ini. Untuk membuat kopi ini sangatlah mudah dan cepat, tinggal seduh, aduk langsung minum tanpa ribet. Penggemar kopi jenis ini biasanya ingin segala sesuatunya cepat dan segera tanpa bersusah payah. Terkadang mengorbankan kualitas demi mengejar waktu.

Menurut Durvasula pecinta kopi instant cenderung santai dan menunda hal yang perlu dikerjakan. Sayangnya, kebiasaan yang terlalu santai ini membuat mereka sulit merencanakan sesuatu dan mereka juga kurang memperhatikan kesehatannya. Wah, jika pasanganmu tipe orang seperti ini kamu perlu sering – sering menasehatinya agar segera bertaubat ya hehe 🙂 (just kidding).

 

Kamu pasti sepakat kalau analisa di atas tidaklah seratus persen akurat kan. Yah, namanya juga analisa manusia pasti tidak luput dari kesalahan. Kalau saya sendiri termasuk pecinta kopi hitam, dan analisa di atas hampir mirip dengan kepribadian saya. Tapi analisa ini tidak bisa menjadi patokan mutlak untuk menilai seseorang, karena setiap orang bisa merubah sikapnya tanpa merubah jenis kopi favoritnya.

So, apapun pilihan kopimu stay positive and have fun 🙂 !

 

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan